MqtdLGR8MaB4MqV9MqZ5LGB9NTcsynIkynwbzD1c

Manfaat Hipnoterapi Untuk Penyakit Psikosomatis, Inilah Tanda Gejala dan Penyebabnya

BLANTERLANDINGv101
6809257696146089640

Manfaat Hipnoterapi Untuk Penyakit Psikosomatis, Inilah Tanda Gejala dan Penyebabnya

22/05/2022

Apa itu psikosomatis

Psikosomatis sering didefinisikan sebagai gangguan fisik yang disebabkan oleh faktor- faktor psikologis, mental, dan sosial (Burhani, 2002). Kecemasan, depresi, kebosanan, dan kecemasan yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan fisik.

Gangguan psikosomatik atau psikosomatik, umumnya dikenal sebagai somatisasi, sering terjadi pada orang dewasa. Dan hanya beberapa kasus yang terjadi pada anak -anak.

Jika Anda tidak tahu apa itu gangguan psikosomatik atau penyakit psikosomatik, pertama -tama kami memberikan beberapa penjelasan yang terkait dengannya. Psikosomatik adalah kombinasi dari dua kata yaitu psiko (jiwa) dan soma (tubuh). Sebenarnya, ini adalah sistem di mana jiwa dan tubuh melakukan hubungan intim.

Kapan psikosomatik berubah menjadi gangguan psikosomatik? Yaitu ketika diri menjadi tidak nyaman, terganggu, bahkan menghambat berbagai kegiatan kehidupan yang kita jalani. Tetapi selama diri Anda sendiri dan lingkungan masih nyaman, ya bukan gangguan, Anda dan lingkungan tidak merasa terganggu kan?!

Gejala psikosomatis

Oke. Kadang -kadang, orang yang mengalami gangguan psikosomatik tidak menyadari bahwa apa yang dia alami adalah penyakit psikosomatik, karena kondisinya mirip dengan penyakit fisik secara umum. Apa karakteristik somatisasi ini?

  • Pasien masih dapat menyadari dan merasa bahwa mereka sakit, dan ingin mencari perawatan, ada rasa panik, cemas, kleyengan, sering keluar masuk rumah sakit, namun secara pemeriksaan leb normal semua.
  • Gangguan muncul berdasarkan konteks, dan ada emosi tertentu. Misalnya, jika Anda kesal, rasa sakit muncul, atau jika di tempat tertentu, atau bertemu dengan orang -orang tertentu, rasa sakit muncul.
  • Rasa sakit bergerak untuk bergerak, kada di leher, lalu bergerak ke belakang, sesak, panas di dada, sesak, berdebar, dll.
  • Ada sejarah kemunculan karena peristiwa yang membuat stres, tekanan, atau kondisi emosional, mudah kepikiran, takut mati, dan lainnya.
  • Jika dituntut, ada faktor emosional yang memicu kondisi yang terjadi, sensitif, cepat marah.
  • Faktor bawaan diketahui dengan konseling jauh sejak pasien dikandung, dilahirkan dan dibesarkan. Faktor ini dapat dalam bentuk faktor biologis dan perkembangan kejiwaan para penderita ini.

Penyebab psikosomatis

Menurut David Cheek M.D., dan Leslie Lecron dalam bukunya "Clinical Hypnotherapy (1968)", ada 7 hal yang dapat menyebabkan penyakit psikosomatik:

  1. Ada konflik di dalamnya.
  2. Psikosomatik terlihat dari tubuh beri sinyal gangguan.
  3. Ada keuntungan yang diperoleh dengan keadaan penyakit
  4. Pengalaman traumatis
  5. Seolah menduplikasi rasa sakit yang dialami oleh orang -orang yang merupakan panutan
  6. Rasa bersalah, dengan demikian menghukum diri sendiri
  7. Program Buruk yang memasuki alam bawah sadar

Dalam kasus penanganan gangguan psikosomatik, klinik hipnoterapi dapat membantu Anda memulihkan situasi gangguan tersebut. Hipnoterapis akan mulai dengan konseling terlebih dahulu, kemudian pengobatan untuk hypnoanilis diikuti dengan menanam program baru secara tidak sadar.

Cara mengobati psikosomatis

Pengembangan ilmu kedokteran terakhir sesuai dengan definisi konsep sehat yang, yaitu sehat secara fisik, psikologis, sosial dan spiritual. Intinya bukan hanya gejala fisik yang harus dibahas untuk mendapatkan makna yang sehat ini, tetapi juga secara psikologis seperti pada gangguan psikosomatik. Seperti petugas kesehatan yang merawat pasien, tentu saja, tidak hanya keluhan fisik yang mengkhawatirkan, tetapi juga masalah kehidupan, stres dan riwayat yang dirasakan oleh pasien secara fisik dan psikologis. Dengan cara ini, petugas kesehatan dapat melayani dan membantu pasien mendapatkan konsep yang sehat dengan memberikan perawatan holistik.

Teknik -teknik yang dapat diberikan ketika merawat pasien dengan gangguan psikosomatik adalah dengan rehabilitasi dan reasuransi. Pasien menerima pendidikan atau pengetahuan tentang keluhan dan penyebabnya, misalnya bahwa kondisi pasien ini disebut gejala somatik karena stres yang berlebihan. Kemudian, petugas kesehatan memberi pasien waktu untuk memberi tahu beban yang baru -baru ini ia alami, khususnya perawat yang masih di sebelah pasien dalam waktu 24 jam.

Perawat kemudian memberikan sentuhan terapeutik dan kontribusi tertentu tentang cara mengelola stres. Dengan memahami masalah utama yang dikeluhkan pelanggan dan penyebabnya, perawat dapat memberikan komentar tentang target. Sistem perawatan holistik ini juga memiliki keuntungan lain, yaitu pencegahan kekambuhan atau hal yang sama. Jika pasien sudah mengetahui gejala gangguan psikosomatik, pasien akan mencari cara untuk melepaskan stres dengan cara lain, jadi tidak perlu mencari perawatan medis.

Sebelum pasien ditentukan oleh diagnosis psikosomatik, cek pertama akan diperiksa dengan ujian dukungan. Jika hasil ujian dukungan, tidak ada masalah, tetapi pasien selalu mengeluh hal yang sama, kemungkinannya adalah gangguan psikosomatik. Gangguan psikosomatik ini terkait dengan psikis seseorang sehingga cara manajemen juga harus menggunakan pendekatan psikologis. Beberapa kenangan yang dapat diberikan kepada pasien adalah:

  1. Psikoterapi: Dengan pendekatan interpersonal, dan dilakukan oleh terapis. Terapis dimulai dengan mengeksplorasi pengalaman stres yang hidup, kemudian membantu memberikan terapi relaksasi untuk mengurangi stres.
  2. Layanan Saran: Manipulasi ini dilakukan dengan memberi pasien untuk berbicara semua masalah yang dia pikirkan. Dengan mengatakan masalah dengan orang lain, stres dapat dikurangi. Pasien juga akan mendapatkan pendidikan tentang cara mengatasi stres yang baik.
  3. Hipnoterapi: Teknik Hipnosis harus dilakukan oleh terapis ahli (hipnoterapis). Metode ini sangat membantu dan ketika pasien mendapat stres baru mungkin lagi memerlukan terapi. Hipnosis adalah mengubah persepsi pasien tentang stresor melalui alam bawah sadar mereka.
  4. Buat hobi yang dicintai: ini adalah bentuk adaptasi individu dengan teknik transfer perhatian. Membuat hobi yang dicintai dapat mengalihkan pikiran, termasuk stres yang dialihkan, sehingga stres berkurang.
  5. Kultus kepada Tuhan: Satu -satunya tempat untuk bantuan yang paling efektif adalah bagi Tuhan. Ketika Anda merasa sulit, penuh tekanan atau stres harus meminta bantuan dari Yang Mahakuasa.
  6. Olahraga: Berolahraga selain mampu membentuk tubuh yang sehat, juga mampu menjaga semangat dan mengurangi stres.
  7. Penyediaan obat antidepresan, anti-kecemasan atau kelompok psikotropika: penggunaan obat-obatan seperti ini hanya dalam kasus-kasus tertentu dari kasus kronis. Penggunaan obat harus direkomendasikan dan diresepkan oleh dokter karena bisa berbahaya bagi tubuh jika dosisnya tidak benar.

Bisakah Anda pulih dalam satu sesi? Kondisi mental seseorang berbeda, sehingga tidak dapat dipastikan dalam satu sesi. Namun, sebagian besar kasus gangguan psikosomatik dapat ditangani dalam satu sesi. mari kita lihat manfaat buat masalah psikologis lainnya yang bisa dibantu dengan hipnoterapi.

Manfaat Hipnoterapi

Ribuan orang mendapat manfaat dari terapi hipnoterapi. Apa yang dapat dilakukan oleh para hipnoterapis untuk membantu Anda? Berdasarkan pengalaman kami mengelola Klien sejak tahun 2014. Ini adalah 9 hal yang bisa dibantu oleh terapi hipnotis-hipnoterapi.

Phobia, Trauma & Kecemasan Berlebih

  • Phobia/ ketakutan berlebih pada binatang tertentu: unggas, reptil, serangga, anjing, kucing, dll.
  • Fobia/ Ketakutan berlebihan akan situasi tertentu: tinggi, tempat gelap, tempat sempit, keramaian, tempat yang tenang, dll.
  • Phobia/ ketakutan berlebih pada orang tertentu: sosok berpenampilan seram dan sejenisnya (biasanya terjadi pada anak-anak).
  • Fobia/ Ketakutan berlebihan akan perilaku tertentu: Kehilangan kendali jika Anda merasa, terancam, dll.

Motivasi & Kinerja

  • Masalah Kepercayaan Diri, Sulit Bersosialisasi Dan Berkomunikasi.
  • Semangat hidup dan semangat kerja yang meredup, menjalani kehidupan dan pekerjaan tanpa gairah.
  • Rasa malas dan suka menunda.kesulitan tampil dan berbicara depanumum/ presentasi/ public speaking.
  • Sulit fokus, mudah teralihkan dalam berpikir.

Masalah Tidur/ Insomnia

  • Insomnia, kesulitan tidur, kecemasan berlebihan sebelum tidur, sering bangun sebelum memasuki kondisi tidur.
  • Mimpi buruk berkepanjangan yang tidak diketahui maknanya dan muncul tanpa sebab.
  • Rasa kantuk berlebih tanpa sebab yang jelas, stamina menjadi rendah dan mudah lesu.

Berat Badan, Ukuran Tubuh Dan Pola Makan

  • Berat berat badan selalu bermasalah meskipun mengatur diet dan suplemen.
  • Diet Masalah: Sulit untuk menurunkan berat badan tetapi dengan cepat menambah berat badan.
  • Sulit mengendalikan nafsu makan: cenderung ingin makan atau makan bahkan jika Anda tidak lapar, mudah merasa lapar tanpa sebab.
  • Terlalu banyak pemilih dalam makan, alergi dan tidak bisa makan makanan tertentu meskipun tidak ada batasan kesehatan medis.

Kecanduan & Kebiasaan Buruk

  • Ketergantungan pada obat, benda atau perilaku tertentu: rokok, alkohol, judi, pornografi, dll.
  • Kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan: gigit kuku, seperti mengambil barang orang lain, kadang marah tanpa sebab, dll.

Masalah Pelajar & Remaja

  • Permasalahan anak dan remaja di sekolah: malasbelajar, pemalu/ sulit bergaul, sulit konsentrasi dan mengingat pelajaran.
  • Masalah anak -anak dan remaja di rumah: dalam perilaku kasar, stres karena pelajaran, stres karena perilaku buruk teman sekolah (pelecehan).

Pernikahan & Seksualitas

  • Permasalahan dalam pernikahan-rumah tangga: sulit mengontrol emosi pada pasangan, obsesiseksual yang menyimpang ketika berhubungan,mudah tergoda wanita/ pria lain, sulit terlepas dari bayang-bayang mantan atau sosok lain.
  • Permasalahan seksual pada pasangan: cemas berlebih ketika berhubungan, hasrat seksual berlebih yang mengganggu keharmonisan, ejakulasidini, dll.
  • Disorientasi: ketertarikan seksual pada sesame jenis.

Mengelola Stress (Stress Management)

  • Kadang lepas kontrol dalam mengendalikan emosi negatif dari stres dan pekerjaan atau tekanan lingkungan.
  • Rasa stress berlebihan dalam menjalani pekerjaandan kehidupan.
  • Masa krisis pasca musibah atau kehilangan besar.

Penyakit Psikosomatis

  • Masalah psikologis, atau mental-emosinal yang berdampak pada fisik, misalnya asma, migren dan maag, kleyengan, sesak, lemas, mual, muntah, berdebar, takut mati, atau yang terjadi karena muatan emosional tertentu.
  • Nyeri yang berkepanjangan bahwa pemeriksaan medis tidak terdeteksi dan sulit untuk menjamin akar penyebabnya.

Tentu saja, tidak semuanya selesai dalam rapat, dan bukan sesuatu yang ajaib tiba-tiba pulih. Karena pemulihan sejati adalah hadiah dari Yang Mahakuasa. Karena itu, Anda harus menghargai proses menuju penyembuhan. Dan beberapa sesi tambahan seperti proses penyembuhan mungkin diperlukan.

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Masukan Data Anda
Pilih Layanan
Kirim Sekarang